Senin, 10 Agustus 2015

Tempat Wisata di Semarang yang Harus Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Semarang yang Harus Anda Kunjungi | Area wisata di Semarang adalah salah 1 destinasi favorit yang banyak di-sukai kalangan penikmat perjalanan ketika melaksanakan kunjungan menuju provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang dari masa menuju masa adalah area percampuran beraneka ragam etnis dan juga budaya dari Asia Timur dan juga Eropa. Area wisata Semarang memiliki pesona yang mengagumkan salah 1nya ialah harmonisasi budaya Jawa dengan budaya China, Arab dan juga Belanda yang masih hidup.

Kamu dapat menemukan harmoni budaya sedemikian indah ini dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Semarang di antaranya seperti Kota Lama, kawasan Kauman dan juga Pecinan. Kalau berwisata menuju Kota Lama, maka disana Kamu hendak menatap satu buah bangunan bersejarah yang telah tua. Bangunan ini dahulunya adalah pusat perdagangan Eropa di Semarang. Landmark di area ini ialah satu buah Gereja Blenduk yang adalah kubah gereja Belanda yang dibangun kepada tahun 1753.

Menjelajahi beragam Tempat Wisata di Semarang dapat Kamu kerjakan dengan gampang. Apalagi adanya infrastruktur kepariwisataan kota Semarang yang telah memadai. Beragam fasilitas transportasi seperti angkutan kota, Bus, taksi hingga dengan becak tersedia untuk mengantar Kamu menuju objek wisata di Semarang yang me-narik.


Pilihan mengendarai kendaraan pribadi ataupun Kamu mau menyewa mobil di area rental mobil untuk mengelilingi kota Semarang jua adalah perihal yang menyenangkan selama berada di situ. Terdapat pula sejumlah area untuk mencari oleh-oleh khas Semarang yang dapat Kamu temui di seputaran Jalan Pandanaran dan juga Jalan Mataram.

Kamu dapat mem-beli oleh-oleh wingko babat, tahu serasi bandungan, tahu pong dan juga bandeng presto. Pastinya dapat men-jadi pengalaman wisata yang menyenangkan sama halnya kalau Kamu pernah berangkat menuju area wisata di Jogja ataupun mengunjungi sejumlah area wisata di Solo yang me-narik. Nah, dibawah ini ada sepuluh daftar area wisata di Semarang yang me-narik dan juga bagus untuk dikunjungi.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di Jalan Gajah Raya Semarang, Jawa Tengah, yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada 11 Bulan november 2006, kini men-jadi kebanggan umat Islam sebab keberadaan area ibadah yang dibangun di atas lahan sepuluh hektare tersebut telah mendunia.

2. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong layak men-jadi prioritas para wisatawan yang hendak me-nikmati wisata Semarang. Pasalnya, Klenteng yang terletak di Gedung Batu ini tidak cuma menyuguhkan kisah legendari Laksamana Cheng Ho, tetapi keindahan arsitektur Tiong Hoa yang khas.

Semenjak pertangahan Bulan juli 2010, Klenteng ini dilengkapi dengan patung Laksamana Cheng Ho setinggi sepuluh meter. patung yang didatangkan langsung dari China ini ditaksir selaku yang tertinggi di Asia Tenggara.

3. Komplek Pecinan


Gang Baru adalah nama yang tidak asing bagi publik dan juga pelancong. Gang Baru ataupun komplepks Pecinan menghidangkan pemandangan dan juga suasana khas Tiong Hoa di tengah kota Semarang.

Di situ kita jua dapat jumpai beragam kelnteng. Ada 11 klenteng gede di Semarang, sepuluh di antaranya terdapat di kawasan pecinan, yaitu Klenteng Siu Hok Bio, Hoo Hok Bio, Kong Tik Soe, Tay Kak Sie, Tong Pek Bio, Liong Hok Bio, Tek Hay Bio, Wie Wie Kiong, See Hoo Kong, dan juga Klenteng Grajen. Tengah Klenteng Sam Poo Kong berada di Gedung Batu. Masing-masing klenteng tersebut mempunyai nilai historis tersendiri.

4. Pasar Rakyat Simpang Lima

Salah 1 land mark kota Semarang ialah kawasan Simpang Lima. Lapangan ini memang terletak di jantung kota. Disebut Simpang Lima sebab berada di tengah-tengah persimpangan Jl Pandanaran, Jl Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan juga Jalan Pahlawan.

Berkembangnya fungsi Simpang Lima men-jadi alun-alun adalah saran Presiden kesatu Republik Indonesia yang menyarankan pengadaan alun-alun di Semarang selaku ganti dari Kanjengan. Alun-alun yang dimiliki Semarang semenjak masa pemerintahan Adipati Semarang yang kesatu tersebut telah berubah fungsi men-jadi pusat perbelanjaan. Sebab tersebut, kawasan ini tetap diamsukan dalam daftar wisata semarang.

5. Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan Semarang ialah salah 1 jalan tergede di Semarang. Jalan ini salah 1 penghubung menuju Simpang Lima.

Kepada petang hari, jalan ini berubah men-jadi jujugan wisata Semarang baru. Area yang lapang, terang, dan juga tersedianya aneka jajan membikin petang di Jalan Pahlawan Semarang senantiasa ramai. Lebih-lebih di akhir pekan. Terlebih, sedari awal 2011, Pemkot Semarang mulai menata jalan ini. Trotoar sepanjang lebih dari 500 meter ditata ulang men-jadi lebih lapang. Fasilitas area sampah pun ditambah.

6. Hutan Tinjomoyo

Hutan Tinjomoyo adalah hutan wisata yang terletak di Kelurahan Tinjomoyo, Semarang. Ratusan pepohonan tumbuh subur di situ. Lebih dari 200 jenis terpelihara. Kamu hendak mendapati pemandangan alami khas desa kalau berkunjung menuju hutan seluas 57, 5 hektar ini.

Hutan Tinjomoyo memiliki keanekaragaman pepohonan, seperti mahoni, jati, akasia, asem londo, ketepeng, mangga, kelengkeng, matoa, nangka, dan juga masih banyak lainnya, memang telah beralih fungsi. Kalau dulu men-jadi destinasi wisata, kini fungsinya lebih selaku paru-paru kota dan juga daerah resapan air.

7. Kebun Binatang Mangkang


Kebun binatang ini terletak di perbatasan Semarang-Kendal. Area yang dibuka kepada Bulan februari 2007 ini dibangun untuk menggantikan kebun binatang Tinjomoyo Semarang yang dianggap telah tidak representative lagi.

Lokasi baru ini diharapkan membikin jumlah pengunjung makin bertambah sebab aksesnya lebih gampang dicapai. Sebab, Bonbin ini terletak di pinggir jalan. Kebun Binatang ini, kini telah memiliki sekitar 150 ekor binatang yang terdiri dari 40 jenis spesies. Ada Ular, Rusa, Gajah, Orangutan, Harimau.

8. Lawang Sewu

Terletak di komplek Tugu Muda, Lawang Sewu dahulu adalah gedung megah berbaya art deco, yang digunakan Belanda selaku kantor pusat kereta api (trem), ataupun lebih dikenal dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij (NIS). Bangunan karya Arsitek Belanda Prof. Jacob F. Klinkhamer dan juga B. J Queendag menurut catatan sejarah dibangun tahun 1903, lalu diresmikan kepada tanggal satu bulan juli 1907.

9. Tugu Muda

Kawasan Tugu Muda dulu cuma bundaran biasa. Tetapi cobalah tengok kini. Semenjak dipugar tahun 2008, Tugu Muda jadi area dolan yang amat menyenangkan. Bukanlah cuma sebab taman di sekitarnya kini tampak rapi, semburan air mancur membikin area ini amat romantis di petang hari. Apalagi, Tugu Muda kini jua diterangi lampu gede di empat titik yang mengelilinginya.

10. Museum Ronggowarsito
 
Museum ini terletak di Jalan Abdulrahman Saleh Nomor satu Semarang, persis di samping Bundaran Kalibanteng. Museum Ronggowarsito mempunyai dua misi, yaitu “Meningkatkan apresiasi budaya dan juga mempertinggi kepedulian masyarakat terhadap budaya”.Museum ini menyuguhkan bagi Kamu koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan, dan juga wawasan nusantara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tempat Wisata di Semarang yang Harus Anda Kunjungi