Sabtu, 07 Februari 2015

Ciri Ciri Batu Yellow Safir dan Kegunaanya

Kalau kamu satu orang pecinta batu permata ataupun praktisi batu permata, pasti kamu dapat menyebutkan lebih dari sepuluh jenis batu permata, lebih-lagi bisa jadi hingga 100 jenis batu permata. Namun bagi manusia awam, batu permata cuma identik dengan empat jenis batu, yaitu sapphire / safir, ruby / rubi, zamrud / emerald beryl dan juga diamond / berlian / intan. Dan juga beberapa bagian gede manusia awan tidaklah paham kalau sejatinya sapphire dan juga ruby punya asal dari satu jenis meneral, yaitu mineral corundum ataupun batu korundum.

Kata sapphire sendiri punya asal dari bahasa Yunani “Sappheiros” yang berarti “Batu Biru” dan juga penggunaan kata “ruby” untuk corundum merah dan juga “sapphire” untuk corundum biru ialah kebiasaan turun temurun, me-ngikuti kebiasaan bangsa yunani yang telah mengenal batu sapphire / safir dan juga ruby ribuan tahun yang lalu. Dan juga kepada akhirnya para ilmuan berhasil membuktikan, kepada sekitar tahun 1800-an bahwa memang ke-2 varietas batu tersebut ternyata punya asal dari mineral yang sama (corundum).

Batu Yellow Safir mempunyai banyak daya tarik, selain variasi warna yang bagus, kekerasan yang prima, jua kaya hendak fenomena batu (star/six ray/asterisma, cat’s eye, color change). Manusia awan biasanya cuma tau sedikit mengenai origin safir, bisa jadi yang sering terdengar adalah sapphire / safir australia, sapphire / safir bangkok, sapphire / safir ceylon / sri langka, namun amat sedikit dari mereka yang tau bahwa memang di beragam penjuru dunia jua didapatkan tambang mineral corundum dengan kualitas baik, contohnya tanzania dan juga madagaskar. Tanzania amat populer dengan sapphire orange / sapphire songea dan juga ruby winzanya.

Sapphire / safir yang punya asal dari tanzania dan juga madagaskar sering kita jumpai dengan kulitas warna dan juga kristal yang mengagumkan. Dan juga harga sapphire tersebut boleh jadi lebih mahal dariapda sapphire ceylon yang men-jadi amat didambakan oleh para newbie di dunia permata. Dan juga butuh kita bahwa memang kebanyakan manusia awan memilih mencari "origin batu" bukanlah "kualitas batu". Banyak dari 'newbie' memilih mem-beli safir ceylon dengan harga tinggi dgn kualitas kurang baik ketimbang mem-beli sapphire origin yg lain dengan harga murah dengan kualitas prima.

Sapphire bermutu yang gede ukurannya amat langka. Kalaupun ada, biasanya mereka telah men-jadi koleksi museum-musium kelas dunia seperti contohnya Musium Sejarah Alam di New York, AS, Pemilik “star of india” (536 cts) yang dianggap selaku salah 1 sapphire star asahan ter gede didunia. Begitu pula dengan “star of asia” (330cts) koleksi milik lembaga Smithsonian di Washington DC. Lalu ada lagi sebentuk permata safir biru tua (132 cts) yang dulu dibeli oleh keluarga kerajaan perancis dari Benggala, India dan juga kini men-jadi koleksi kebanggaan Musium Mineralogi di paris. Namun kalau bicara problem ukuran beratnya, bisa jadi yang ter gede adalah sebongkah Kristal mineral safir star yang didapatkan kepada tahun 1966 di wilayah Mogog, Myanmar, berbobot lebih dari 63. 000 cts (12, enam kg).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri Ciri Batu Yellow Safir dan Kegunaanya